KISAH KU

Jumat, 03 Mei 2024

TAHUN BARU BAGI PAROKI ST YOSEF PEKERJA WAIRPELIT DALAM MERAYAKAN HUT ULANG TAHUN PAROKI YANG KE 57 TAHUN


Paroki St. Yosef Pekerja Wairpelit merayakan momen yang istimewa saat memasuki usia ke-57 tahun dengan mengadakan perayaan yang penuh sukacita. Perayaan HUT ini dirayakan dalam dua bagian besar, yakni perayaan Ekaristi dan acara resepsi bersama di halaman gereja. HUT ke-57 Paroki St. Yosef Pekerja Wairpelit yang diperingati pada hari Rabu tanggal 1 Mei 2024, dinilai sangat istimewa. Pasalnya, perayaan ulang tahun kali ini diwarnai dengan situasi yang serba baru, seperti: Pastor Paroki Baru, Dewan Pengurus Paroki yang baru, dan ada empat lingkungan baru di statsi Nilo yang bergabung dengan paroki ini. Tahun 2024 menjadi tahun yang baru bagi kita umat di paroki ini. Kata Pastor Paroki Pater Alexander Ola Pukan, SVD, dalam kata pengantar Perayaan Ekaristi, yang kemudian kembali dipertegas oleh bapak Ketua Dewan Pelaksana Harian, bapak Bayuaji Wibowo dalam sambutan saat acara resepsi bersama.

Puncak perayaan ulang tahun paroki ini diawali dengan Perayaan Ekaristi yang meriah dan hikmat bersama umat Allah di Gereja paroki. Ada satu keunikan luar biasa dalam perayaan ini, kata Pater Goris Sabon, mantan Pastor Paroki Wairpelit diawal khotbanya bahwa “kita merasakan sesuatu yang baru dan unik dalam misa kudus ini yakni, koor perayaan ditanggung oleh bapa-bapa perwakilan pengurus DPP yang baru”. Ini satu warna baru yang mewarnai perayaan HUT paroki kita pada tahun 2024 ini. Lebih lanjut, Pater Goris Sabon, seorang dosen IFTK Ledalero ini sebelum memberikan siraman rohani kepada umat Alllah melalui pesan-pesan singkat dalam renungannya, beliau kembali mengingatkan umat sekalian tentang sejarah paroki ini, sejak dari Seminari Tinggi Ledalero, beralih ke gereja paroki lama hingga saat ini kita berada di gerja paroki yang baru dan megah ini. Mari kita memaknai hari ulang tahun paroki kita ini dengan belajar dari sosok pribadi St. Yosef Pekerja dan Bunda Maria.

Setelah Perayaan Ekaristi, acara resepsi dilaksanakan di halaman gereja dalam suasana sederhana yang dibaluti dengan rasa kekeluargaan dan persaudaraan. Acara resepsi ini langsung dipandu oleh sdra. Edi Sabon sebagai master of ceremony (MC). Satu dua mata acara yang dilalui dalam rangkaian acara resepsi ini adalah sambutan dari Ketua Dewan Pelaksana Harian, sambutan dari Pastor Paroki dan acara hiburan dari anak-anak SEKAMI.

Di bawah tenda biru dan di atas rumput hijau di halaman gereja ini, umat Paroki St. Yosef Pekerja Wairpelit berkumpul dan sungguh-sunngu menikmati keberlangsungan acara resepsi ini. Berbagai penampilan anak-anak SEKAMI dari Lingkunan St. Yosef Freinademetz Guru dan anak SEKAMI dari SDK Nilo sungguh memberikan semangat kepada umat Allah yang hadir di acara ini.

Dalam sambutan Ketua Dewan Pelaksana Harian, bapak Bayuaji Wibowo memberikan apresiasi yang sebesar-besarnya kepada semua Pengurus DPP St. Yosef Pekerja Wairpelit  yang terlibat dalam mensukseskan acara ini. Lebih lanjut, beliau juga tetap dan terus meminta kepada para orang tua yang pernah menjadi anggota dewan paroki ini tetap memberikan dukungan kepada dewan pengurus yang baru ini, dan tentunya kepada semua umat yang hadir maupun tidak hadir dalam perayaan ini. Kepada umat dari stasi Nilo, ujar bapak Wibowo, ketua dewan pelaksana harian sekaligus sebagai guru di SMAS Katolik St. John Paul II Maumere, menyampaikan bahwa umat Nilo pada hari ini memberikan suatu nilai yang baru bagi kita semua. Nilai kekompakan dan kebersamaan yang tinggi dalam moment ulang tahun paroki ini. Selanjutnya, Pastor Paroki, Pater Alex, SVD, dalam sambutan singkatnya kembali menengaskan apa yang telah disampaikan oleh bapak Bayuaji Wibowo untuk diperhatikan dan dihidupi oleh kita semua di paroki ini. Mari kita bersatu dan bertolak ke tempat yang lebih dalam.

Kehadiran umat dalam Perayaan HUT ini sangat banyak. Artinya bahawa umat tetap dan terus merasa memiliki paroki ini. Semangat baru dan rasa syukur yang terpancar dari wajah setiap umat yang hadir, mencerminkan kebersamaan yang luar biasa dalam paroki ini. Dalam suasana yang penuh kegembiraan dan sukacita, umat paroki dari setiap lingkungan berbaur dalam suasana keakraban yang hangat. Mereka berinteraksi, berbincang, dan saling bertukar cerita, menguatkan ikatan persaudaraan dalam paroki ini. Senyuman dan tawa terdengar di setiap sudut, mencerminkan kebahagiaan atas umur paroki yang semakin matang dan berkembang.

Selain merayakan momen bersejarah ini, perayaan HUT Paroki ini juga menjadi kesempatan untuk mengumumkan kejuaraan dan menyerahkan hadia bagi tim pemenang lomba dalam pertandingan Bola Volly Putra dan Putri yang telah diadakan sebelum hari puncak ini. Panita dan tim lomba/pertandingan bola volly putra dan putri dari lingkungan-lingkungan separoki Wairpelit telah menunjukkan dedikasi dan kreativitas mereka dalam memeriakan HUT paroki tahun ini. Untuk kita ketahui bersama bahwa Pertandingan Bola Volly Putra dan Putri ini langsung dikoordinir oleh Sie Kepemudaan dan OMK Paroki yang bekerja sama dengan kelompok Plipong Abong Ribang. Sementara Perlombaan Baca Kitab Suci dan Mazmur sebagai pemahaman dan penghayatan umat terhadap firman Tuhan akan diselenggarakan pada tanggal 03 dan 04 Mei 2024.

Berbagai jenis makanan yang dapat dinikmati bersama dalam perayaan ini, merupakan kerja sama dari umat Allah dengan pengurus lingkungan masing-masing untuk mendatang hidangan di setiap meja dalam tenda resepsi ini.

Mengakhiri perayaan HUT Paroki, semua umat paroki yang hadir bersukacita dan bersukaria bersama  dalam acara bebas, ada tarian jaii, tarian gawi, tarian dolo-dolo dan jenis tarian ragam lainnya yang lagi populer di kalangan masyarakat.

Moment perayaan Hari Ulang Tahun paroki yang ke  57 tahun ini menjadi satu sejarah baru bagi kita, untuk terus mengenang paroki ini di masa yang akan datang. Moment bagi kita semua untuk terus berbenah diri menujuh kematangan diri.  Semoga Tuhan dan Bunda Maria senantiasa menyertai dan memberkati perjuangan kita. Profisiat dan Selamat ulang tahun, Paroki St. Yosef Pekerja Wairpelit.   (Edy Sabon: Sie Komsos Paroki)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar